5 Tips Sukses Menjadi Seorang Hakim Pajak

5 Tips Sukses Menjadi Seorang Hakim Pajak

Kementerian Keuangan RI terus membuka peluang dan kesempatan bagi WNI yang tertarik untuk menjadi hakim di pengadilan pajak. Dari berbagai persyaratan yang ada, tentunya calon hakim harus memenuhi syarat tersebut dan lolos dari tes yang diadakan.

Menjadi seorang hakim tentunya bukanlah tugas yang mudah, apalagi ini berhubungan dengan pajak negara yang masih ada uang rakyat di dalamnya, kalau salah mengambil keputusan bisa membawa dampak buruk baik bagi rakyat maupun bagi negara. Tertarik menjadi hakim pajak maka simak 5 tips suksesnya di bawah ini:

Menguasai Dasar Ilmu Perpajakan

Tidak mungkin Anda berhasil menduduki jabatan bergengsi sebagai hakim pajak bila Anda tidak memahami sama sekali apa itu pajak dan dasar-dasar mengenai ilmu perpajakan. Sebagaimana yang tertuang di persyaratan administrasi calon hakim pajak di minta untuk memiliki pengetahuan serta keahlian di bidang pajak, memahami tentang ilmu dasar perpajakan serta hukum perpajakan adalah hal yang wajib.

Berpikir Komprehensif

Membicarakan pajak adalah hal yang rumit, dalam perpajakan ada banyak pendapat jadi tidak jarang akan menemukan perbedaan pendapat. Selain berpikir secara komprehensif, seorang hakim pajak pun harus mau untuk terus maju dan belajar mengingat makin ke sini makin banyak saja jenis pajak dan aturan pajak yang dikeluakan oleh pemerintah, seorang hakim pajak harus bisa meleburkan pemahaman baik itu di bidang ekonomi, hukum atau akuntansi.

Memiliki Cara Pandang Visioner

Seorang hakim pajak hendaknya memiliki cara pandang visioner, karena hal utama yang akan dilihat oleh banyak pihak adalah cara pandang. Hakim pajak harus memiliki kemampuan untuk melihat dalam jangka panjang, apakah keputusannya akan berdampak baik bagi negara dalam beberapa tahun ke depan.

Kepribadian Baik

Tidak hanya pandai, cerdas, memiliki pandangan yang kuat tentang ilmu perpajakan, seorang hakim pajak hendaknya pun memiliki kepribadian yang baik sehingga citranya di mata masyarakat bisa diterima dengan baik.

Mempersiapkan Kondisi Fisik

Menjadi hakim pajak tentunya banyak membebani pikiran Anda, bila tidak menjaga fisik dengan baik, maka tidak menutup kemungkinan Anda akan mudah terkena penyakit saat terlalu stress, jaga pola makan dan rutin berolahraga agar tubuh tetap sehat dan kuat.

Sumber : jasa konsultan pajak jakarta

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *